Sejarah Komputer

Sejarah perkembangan komputer berawal dari kebutuhan manusia untuk dapat mengetahui hasil dari suatu perhitungan, mulai dari  yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Agar dapat memperoleh suatu informasi dengan tepat dan cepat, manusia selalu berusaha mencari dan menemukan suatu alat bantu hitung dan pengolah data yang lebih baik. Pada mulanya seluruh alat bantu hitung digerakkan secara manual dengan tenaga manusia (Periode Manual Tahun 1000 SM - 1641 M), kemudian alat bantu hitung berkembang menggunakan tenaga penggerak mekanik menggunakan roda bergigi yang digerakkan tangan (Periode Mekanis 1642-1885). Pada perkembangan selanjutnya, alat bantu hitung, mesin mekaniknya mulai menggunakan tenaga listrik (Periode Elektromekanis 1886 - 1945), dan pada perkembangan terakhir menggunakan sirkuit elektronik (Periode Elektronik 1946 – sekarang).
  1. Generasi 1
  2. Sejarah komputer generasi pertama mulai hadir pada tahun 1946 - 1956, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
    • Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya.
    • Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
    • Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum.
    • Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language)
    Nama Komputer Generasi Pertama adalah :
    • ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer)
    • ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer) yang dikembangkan tahun 1946 oleh John W.Mauchly dan J. Presper Eckert dari Universitas Pennsylvania merupakan First General Purpose Electronic Computer.
      Gambar ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer)
    • UNIVAC (Universal Automatic Computer)
    • UNIVAC (Universal Automatic Computer) sudah menggunakan pita magnetik sebagai media input dan outputnya. Merupakan komputer komersial pertama yang dipakai oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk digunakan dalam menghitung sensus penduduk dan sebagai komputer pertama yang dibuat untuk tujuan aplikasi bisnis.
      Gambar UNIVAC (Universal Automatic Computer)

Related : Sejarah Komputer

0 Komentar untuk "Sejarah Komputer "